Rabu, 26 September 2018

Kursus EKG | 0817-0825-883 | Informasi Kursus EKG

Pengalaman Mengikuti Kursus EKG

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman ikut serta pelatihan EKG. Perlu kalian ketahui, EKG ialah singkatan dari Elektrokardiograf. Pelatihan ini hanya diperuntukkan bagi para dokter, untuk paramedis (perawat/bidan). Pelatihan ini bertempat di PERKI Jaya. Pelatihan ini sebenarnya tidak senantiasa diadakan di PERKI Jaya, akan tetapi berprofesi sama dengan fakultas di provinsi lain untuk mengadakan pelatihan, asalkan tenaga, alat dan peserta nya mencukupi prasyarat.
Saya berasal dari Universitas Jenderal Soedirman, sebetulnya saya menerima kabar tentang perihal Pelatihan EKG di PERKI Jaya dari sahabat saya, ia bernama Dr. Fatwa yang berasal dari Wonogiri. Ia memberikan anjuran supaya masuk ke grup Fb seputar pelatihan kedokteran, lalu saya menemukan informasi mengenai pelatihan EKG.
Dari sana saya lalu menghubungi contact person yang tertera. Biaya nya dikala itu Rp 1.300.000. Biaya hal yang demikian mencakup pelatihan, makan siang dan snack selama 2 hari, 2 buah modul dan 1 buah ransel. Biaya hal yang demikian tidak termasuk penginapan. Untuk persoalan penginapan sebenarnya di sekitar PERKI Jaya banyak rumah-rumah warga yang menyewakan kamar yang khusus diperuntukkan bagi peserta pelatihan EKG, namun pada saat itu saya belum tahu, alhasil saya memesan kamar hotel yang berlokasi lumayan dekat dengan tempat pelatihan sebab saya tidak tinggal di Jakarta.
Sesudah pelaksanaan registrasi yang dilaksanakan melalui Whatsapp, saya diminta untuk melaksanakan pembayaran, dan bukti pembayaran dikirimkan melalui Whatsapp. Sekitar selang 2 hari setelah melaksanakan pembayaran saya sudah dikirimi 2 buah modul, peta lokasi, instruksi peraturan, brosur, dan lain-lain. Modul sengaja dikirimkan jauh-jauh hari sebelum pelatihan supaya peserta dapat mempelajarinya sebab di hari pertama akan ada pre test.
Setelah membaca kedua modul hal yang demikian, alhasil saya berangkat dari Purwokerto ke Jakarta pertama saya di antar saudar saya ke terminal bus Purwokerto, dan saya naik bus dari Purwokerto ke Jakarta kira — kira memakan waktu tempuh sekitar 7 jam perjalanan. Sampai di Jakarta saya segera ke hotel yang telah saya booking, setelah itu saya mencari alamat PERKI Jaya, supaya nanti di hari pertama pelatihan sudah tau alamatnya.
Pelatihan EKG diadakan selama 2 hari (Sabtu, Minggu)
Saat itu jadwal EKG PERKI Tahun 2017 :
* Tgl 8–9 sept, 15–16 sept, 22–23 sept, 6–7 okt, 13–14 okt, 20–21 okt, 3–4 nov, 10–11 nov, 17–18 nov, 1–2 des, 8–9 des, 15–16 des 2017.
Tempat : Jalan Kota Bambu Selatan no.9, rt 001/rw 008 ( Samping RS Harapan KIta), Kota Bambu Selatan, Palmerah, RT.1/RW.8, Kota Bambu Sel., Palmerah, Kota Jakarta Barat 11420
Sertifikat EKG dikeluarkan oleh PERKI 14 SKP terakreditasi IDI
Peserta EKG : dokter umum/spesialis
Hari pertama pelatihan EKG dilakukan pada jam 07.30 hingga dengan jam 08.00 yakni aktivitas Pre test, jam 08.00 hingga dengan 08.20 yakni materi anatomi & fisiologi metode kardiovaskular, jam 08.20 hingga dengan jam 08.50 yakni materi elektrokardiogram Normal & Sistematika Interpretasi, jam 08.50 hingga dengan jam 09.20 yakni materi hipertropi/dilatasi atrium & ventrikel, jam 09.20 hingga dengan jam 10.00 yakni materi iskemia & infark miokard, jam 10.00 hingga dengan jam 10.15 COFFEE BREAK, jam 10.15 hingga dengan jam 10.45 yakni materi blok atrioventrikular & intraventrikular, jam 10.45 hingga dengan jam 11.25 yakni materi aritmia supraventricular, jam 11.25 hingga dengan jam 12.00 yakni materi aritmia ventricular, jam 12.00 hingga dengan jam 13.00 ISHOMA, jam 13.00 hingga dengan jam 13.30 yakni materi gangguan elektrolit & dampak obat kepada EKG, jam 13.30 hingga dengan jam 14.00 yakni materi sindroma pre-eksitasi & ritme pada pacu jantung.
Hari kedua pelatihan EKG dilakukan pada jam 08.00 hingga dengan jam 09.45 yakni latihan kasus-kasus EKG, jam 09.45 hingga dengan jam 10.00 COFFEE BREAK, jam 10.00 hingga dengan jam 12.00 ujian skill ECG, jam 12.00 hingga dengan jam 13.00 ISHOMA, jam 13.00 hingga dengan jam 13.30 post test, jam 13.30 hingga dengan jam 14.00 ulasan, jam 14.00 hingga dengan jam 14.05 penutup dan acara lainnya.
Syukur Alhamdulilah saya dapat melewati ujian megacode dengan lancar. Sesudah seluruh kategori selesai ujian, saya diperintah menunggu sebagian. Tak lama sesudah itu, alhasil dokter penanggungjawab masuk keruangan dan di meja beliau telah tertumpuk map amplop yang di dalamnya akan ada keterangan apakah saya lulus pelatihan atau tidak. Kami bahkan dipanggil satu-persatu berdasarkan absen. Tibalah saya mengambil map amplop tersebut, setelah saya buka, rupanya di dalamnya ada sebuah pin dan sertifikat EKG, alhamdulilah saya lulus ujian. Namun ternyata tidak seluruh peserta pelatihan lulus ujian dalam pelatihan kali ini, saya tidak tau pasti berapa jumlah yang tidak lulus, namun dari raut wajah yang nampak setelah pembagian amplop, banyak yang bersedih sebab tidak lulus, yang jelas kelompok ujian saya lulus semua.
Ok seperti itulah pengalaman saya ikut serta pelatihan EKG di PERKI Jaya. Apabila kalian berkeinginan ikut serta pelatihan EKG silahkan hubungi 0817-0825-883 atau bisa klik dibawah ini :
 semoga artikel ini membantu kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar